Ide Bisnis Kreatif: Buka Usaha Bermodal Dengkul Orang Lain

Posted: February 21, 2013 in Uncategorized

Kali ini saya membahas sedikit tentang ide bisnis kreatif, bisa juga disebut cara membukausaha bermodal dengkul. Tlisan ini saya kutip dari kultwit 7 Keajaiban Rezeki yang dikomandoni oleh bang Ippho Santosa. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda para pembaca dan juga saya tentunya.
ide bisnis kreatif
Mengapa harus DENGKUL? bukan lutut atau siku? yah entahlah, memang sudah dari djaman doeloe yang namanya dengkul itu dikaitkan dengan bisnis dan permodalan. Untuk memulai sebuah usaha, sangat dibutuhkan kejelian dan kreatifitas.  Modal-modal bisnis itu bisa berupa UANG, KEAHLIAN, JARINGAN dan sebagainya. Tapi gak perlu khawatir, karena semua bisa diakali, begini:

  • Sekecil apapun bisnis pasti pake modal uang, tapi ga harus uang kita!!
  • Bisnis itu bisa pake modal dengkul, ga punya dengkulpun bisa pake dengkul orang lain.
  • Bisnis itu bisa modal otak doang, ga punya otak pun bisa pake otak orang lain.
  • Bisnis itu bisa pake modal keahlian, ga punya keahlian pun bisa pake keahlian orang lain.
  • Bisnis itu bisa modal jaringan, ga punya jaringan pun bisa pake jaringan orang lain.
  • Bisnis itu bisa modal ide, ga punya ide pun bisa pake ide orang lain.
  • Bisnis itu bisa hanya modal jempol, ga punya jempol pun bisa pake jempol orang lain.
  • Yang penting ada kemauan. Bahkan, jika tidak ada kemauan, bisa pinjem kemauan orang lain juga loh.

Oke, sekarang kemauan udah ada, tinggal actionnya.

Oke kita bahas soal re-branding atau re-packing aja yang paling mudah. Seperti ini:

RE-BRANDING dan RE-PACKING

Coba amati di alfa mart atau indomart. Mereka jual kue kering dengan brand Alfa Mart/Indomart, apa mereka punya pabrik kue? TIDAK!!

Itulah re-branding atau re-packing, kita bisa bisnis apapun tanpa kita harus punya pabriknya lebih dulu. Anda cari produk yang mau anda jual lalu bikin brand dan kemaslah produk itu dengan brand anda.

Mau bisnis kecap ga perlu bikin pabrik dulu, cukupbeli kecap ABC bikin kemasan lebih kecil ganti dengan brand anda misal kecap DEF :)

Beli semen 3 roda 1 zak isi 50kg, kemas ulang dengan berat lebih kecil misal 1kg, bikin kemasan dengan brand anda misal semen 4 roda :)

Beli keripik dalam jumlah besar, biasanya per bal, bikin kemasan lebih kecil dengan brand yang unik dan menarik.

Kalau kecap ABC anda borong se pabrik, masa ABC mau penjarain anda? Orang produk dia dibeli ko, yang ada malah dia seneng :)
Yang tidak boleh itu isinya produk anda sendiri tapi anda pake brand ABC. Itu yang melanggar!! Intinya anda punya brand dan buat kemasan yang menarik lalu fokuslah di marketing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s